Honda CB150R StreetFire dan Regulasi Emisi Euro

Bro sekalian, Secara gamblang Honda menasbihkan bahwa Motor yang digadang gadangkan sebagai penghadang Yamaha Vixion, yakni Honda CB150R streetFire sudah lulus Regulasi uji emisi Euro 2 . . . Ngomong ngomong Standasarisasi Euro 2 itu apaan sih? Standar emisi gas buang Euro-2 dikeluarkan Eropa tahun 1996 dan mengatur bahwa emisi CO dari kendaraan selama beroperasi di jalan maksimum 2,2 gram per kilometer. Standar emisi Euro 2 ini lebih rendah (lebih ketat) dibandingkan dengan Euro-1 yang 2,72 g per km.

Yang jadi masalah adalah . . . Pemerintah merencanakan pemberlakuan Standarisasi Emisi gas buang Euro 3  dimana standar kebersihan emisi kendaraan lebih diperketat lagi. kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder kurang dari 50 sentimeter kubik hanya boleh menghasilkan 0.8 gram/kilometer Hidrokarbon (HC); 0,15 gram/kilometer Nitrogen Oksida (NOx); dan dua gram/kilometer Karbonmonoksida (CO). Sementara kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder lebih dari 50 sentimeter kubik hanya boleh menghasilkan 0,3 gram/kilometer HC; 0,15 gram/kilometer NOx, dan dua gram/kilometerCO. Dan denger denger standarisasi ini (euro3 ) akan diberlakukan mulai 1 agustus 2013 mendatang  . . . nahhh gimana nasib CB150R StreetFire?

CB150Rknalpot_1.jp2

TMCBlog sendiri belum dapet data kayak apa emisi gas buang standar CB150R, apa hanya lulus E2 atau malah sudah E3? . . . Namun, Yang pastinya Pabrikan harus mengikuti Regulasi ini, kalo nggak yaaaa . . . siap siap nggak lulus Uji TPT daaa . . . apa aja yang bisa di rubah di CB150R . . . close Loop? Boleeh tapi kan udah ada SAS ? apa harus ganti langsung dengan O2 sensor?  . ..  Honda tetap mbisa mempertahankan sisten OpenLoop dari CB150R untuk mempemudah konsumen mengoprek, dikarenakan karakter performance dari  CB150R ini. Solusinya? Bisa dicoba penggunaan Katalitik Converter di Muffler CB150R. Seperti Kita ketahui, CB150R tidak memiliki katalitik Converter di Mufflernya. Tapi yaaa itu dia, ada harga yang harus dibayar, power disinyalir akan sedikit tertahan di muffler, cmiiw.

Masalah kedepan adalah, Jika uji emisi Euro 3 merupakan hal yang wajib untuk perpanjangan pajak kendaraan bisa jadi repot bagi para konsumen. Untuk ini gimana ya solusinya? apakah Pabrikan harus menyediakan paket muffler ber Katalitik-Konverter ? atau ada solusi lain? monggo di share mas bro pendapatnya . . . semoga berguna.

By:Sihol L.Gaol                      Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s